MARILAH KITA MELAWAN KEBODOHAN,KARENA KEBODOHAN MEMBAWA KITA KEJALAN YANG SESAT

Pengunjung Saat Ini

_______________________________________________________________________________________________

Sabtu, 18 April 2009

Memperkuat Daya Ingat

Apakah Anda pernah melupakan nama seseorang atau pernahkah Anda tersesat di jalan yang pernah Anda lalui? Jika Anda mengalami seperti itu adalah suatu hal yang wajar saja, sebab Anda memang tidak menyimpan dalam memori Anda.

Ibaratnya, ketika Anda mengetik di sebuah komputer, namun Anda tidak menyimpan data tersebut (istilah Komputer saving data). Ketika Anda ingin mencari data yang diketik di komputer, tentu saja Anda tidak menemukannya, karena data tersebut memang tidak Anda save.
Begitu halnya untuk mengingat sesuatu. Yang Anda lakukan mintalah memori Anda untuk mengingat apa yang memang Anda ingin ingat dari data atau informasi yang Anda peroleh.
Misalnya, Anda menginginkan mengingat nama seseorang yang baru saja berkenalan dengan Anda, maka untuk menyimpan dalam memori Anda, tandailah ciri khas atau sifat dari orang yang Anda kenal itu. Bila perlu mengeja ulang namanya, atau mencoba menghubungkan dengan nama seseorang yang mirip namanya atau wajah yang mirip wajahnya. Setelah terekam dalam sadar, maka memori tersebut akan tersimpan dalam alam bawah sadar. Jika suatu waktu kita memerlukannya, maka alam bawah sadar akan menginformasikan kepada kita.
Ada beberapa kiat juga untuk memperkuat memori Anda, yang paling mendasar yaitu Anda yakin dan percaya bahwa memori Anda memang mampu untuk mengingat sesuatu dalam kehidupan Anda. Jika Anda tidak yakin, maka begitu pula yang akan terjadi pada memori Anda.
Untuk lebih menyakinkan potensi memori Anda, Anda perlu ketahui bahwa otak seorang dewasa berisi sekitar 11.000 juta sel otak dan saraf. Dengan data simple ini, kesimpulannya kapasitas otak hampir tidak tersebatas dan bahkan bisa kita simpulkan otak merekam segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan. Nah, jika Anda tidak percaya dengan kemampuan otak Anda, berarti Anda sendiri yang membatasi memori Anda.
Dalam buku yang berjudul : 27 Kiat Memperkuat Daya Ingat, menawarkan banyak tips agar dapat membantu pikiran untuk mengingat, misalnya cara mengingat dengan metode jembatan keledai. Metode mengingat nomor telepon dengan cara menghubungkan dengan huruf. Atau cara mengingat suatu daftar dengan metode menyusun cerita pendek.
Contoh sederhananya yang ingin mengingat daftar berikut : BAJU, MOBIL, SEPAKBOLA. Untuk memudahkan mengingat daftar tersebut caranya menyusun cerita pendek. Misalnya Saya Ambil BAJU lalu mengendarai MOBIL untuk menonton SEPAKBOLA, dst.

0 komentar:

Countri

free counters
 
© Copyright by WATAK & SIFAT  |  Template by Blogspot tutorial